Pantangan pasien TBC (Tuberkulosis)

By 10:29:00 PM

Barusan dapat pertanyaan dari teman yang sekarang kerja di sulawesi sebagai buruh bangunan. Dok kalau kena pnyakit tbc makanan apa saja yg boleh dan tidak boleh dimakan ?



Prinsip pengobatan TBC adalah dengan farmakoterapi (obat-obatan), gaya hidup sehat, serta usaha memutus rantai penularan. Farmakoterapi yang dilakukan dengan pemberian obat antituberkulosis (OAT) selama 6 bulan.
Gaya hidup sehat sendiri memainkan peranan penting dalam proses penyembuhan TBC. Nutrisi yang sehat dan lengkap (karbohidrat, protein, lemak, sayur, buah, dll) membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan kuman TBC. Pada umumnya tidak ada pantangan makanan tertentu bagi pasien TBC, kecuali jika ada alergi makanan maka sebaiknya makanan tersebut dihindari. Makanan yang sangat dianjurkan adalah yang memiliki kadar protein dan kalori yang cukup untuk menjaga agar tubuh tetap kuat melawan kuman TBC. Mengenai pilihan makanan secara detail dapat Anda konsultasikan secara lansung dengan ahli gizi yang ada di puskesmas terdekat.
Selain nutrisi, home treatment lainnya yang dapat dilakukan selama pengobatan TBC yaitu:
  • Istirahat yang cukup, jangan tidur larut malam
  • Olahraga teratur juga membantu menguatkan sistem imun melawan kuman TBC
  • Gunakan masker untuk mencegah penyebaran ke lingkungan sekitar
  • Memperbaiki ventilasi rumah untuk mencegah perkembangan kuman TBC
  • Jika ada keluhan selama pengobatan, jangan ragu untuk kembali kontrol ke dokter.
Semoga informasinya bermanfaat ya

You Might Also Like

0 comments