Tes CD4 Bayar ?

By 10:09:00 PM


HIV seperti halnya TB masuk kedalam program pemerintah yang pemeriksaan dan pengobatannya ditanggung pemerintah. Untuk HIV pemerintah dan BPJS bekerja sama dalam menanggung biaya pengobatan dan perawatan pasien HIV. Pemerintah menyediakan tes HIV dan obat-obatan ARV (antiretroviral). Sedangkan BPJS menanggung pemeriksaan CD4 dan viral load untuk memantau perkembangan penyakit dan efektifitas pengobatan, dan biaya perawatan dirumah sakit akibat infeksi oportunistik (infeksi akibat menurunnya daya tahan tubuh).
Untuk obat-obat HIV atau ARV tidak langsung diberikan saat penderita positif tes HIV. Obat ARV bekerja untuk menghambat pertumbuhan virus, sehingga baru diberikan bila:
  • Nilai CD4 < 350
  • Nilai CD4<500 bila pasien juga mengalami infeksi hepatitis B dan C.
  • Sedang menjalani pengobatan yang menghambat sistem imun, seperti kemoterapi untuk kanker.
  • Atau saat ada penyakit lain yang diderita, seperti TBC, infeksi otak atau penyakit ginjal.
  • Pada ibu hamil untuk mencegah penularan kebayi
Tergantung dimana Anda menjalani pemeriksaan tersebut, ada yang gratis dan ada yang harus bayar tergantung kebijakan daerahnya. Ada pula yang hanya gratis untuk pemeriksaan pertama saja dan selanjutnya harus bayar. harga pemeriksaan CD4 umumnya antara 150-200 ribu rupiah.
Sebaiknya Anda menanyakan hal ini langsung pada lokasi tempat Anda menjalani VCT. Lihat lokasi tempat rujukan kasus AIDS di Indonesia di sini.

You Might Also Like

0 comments